Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

Cara Membuat/Mendapatkan Sitelink Pada Blog/Web

Google Sitelink


Cara Membuat/Mendapatkan Sitelink Pada Blog - Hai sobat ATAEH, setelah sebelumnya ATAEH, membahas tentang cuplikan pilihan Google atau Google SERP Sinippet. Sengaja Ataeh gandeng pembahasan Cara Membuat/Mendapatkan Sitelink Pada Blog/Web, ini karena sifat dari keduanya sama. Yaitu hadiah istimewa dari Google. Karena sitelink adalah hadiah istimewa dari Google, sudah pasti ada ketentuan dan kriteria blog atau website menurut standar Google. Oleh karena itulah ataeh bahas ulasan kali ini mengenai sitelink.

Apa Sitelink itu?

Sitelink adalah kumpulan beberapa link yang berupa sub-pages yang berada di bawah blog/website yang keberadaannya secara otomatis karena telah dirangkum oleh Google.
Posisi sitelink berada tepat di bawah website pertama yang muncul di hasil pencarian.

Apakah semua Blog/Website ada sitelink-nya?

"Tidak", karena Sitelink adalah hadiah dari Google, sehingga tidak semua website mendapatkan sitelink. Tapi, website/blog sobat bisa diusahakan agar mendapatkan Sitelink.

Link (page) apa yang menjadi Sitelink?

Biasanya sitelink berisi link yang menuju ke halaman yang paling SEO (berapa posisi paling atas) dan paling sering dicari pada sebuah website tersebut.

Kita ambil contoh blog milik @ataeh. Sitelink @ataeh ada beberapa sub-pages atau link. Link tersebut adalah Cara Membuat Anti Copas, Memasang Tag, PARTNER AMP, DOWNLOAD TEMPLATE, Blog Aman Dari jingling, Partner ATAEH. Untuk sitelink yang urutan pertama sampai nomor empat, posisinya di Google penelusuran selalu ada di paling atas. Untuk dua yang bawah, biasanya sering berubah-ubah, tergantung visitor banyak klik yang mana ketika berada di blog ataeh.

Gambar di bawah ini adalah contoh penampilan Google Sitelink yang muncul saat Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci "ATAEH"


Berapa jumlah Sitelink yang muncul?

Untuk jumlah Google Sitelink yang muncul, satu blog/website dengan yang lainnya berbeda-beda. Ada website yang menampilkan dua sitelink, empat sitelink, enam sitelink, atau bahkan sampai delapan sitelink. @ataeh pernah juga sampai delapan sitelink, tapi sekarang kembali lagi ke enam sitelink. Tampilnya jumlah sitelink ini sepenuhnya ditentukan oleh Google melalui struktur algoritma otomatisnya, bukan tergantung pemilik website.

Google Sitelink adalah hadiah bagi sebuah website yang dipilih oleh algoritma Google. Keberadaan Google sitelink untuk memudahkan pengguna masuk ke berbagai halaman populer (SEO) dari sebuah website tanpa harus mencari dipencarian yang disediakan oleh blog/web. Biasanya website yang ada Google sitelink adalah website / blog yang sudah ramai visitor/pengunjung.

Jadi bagi sobat yang baru membuat blog/website, urungkan dulu mimpi mendapatkan sitelink, benahi dulu Blog/web sobat sehingga banyak pengunjung yang datang, baru setelah itu Google akan memberikan apresiasi bagi blog sobat berupa Google sitelink.

Manfaat yang sudah pasti akan sobat dapatkan ketika di blog/website, di Google pencarian sudah terdapat sitelink, maka hal ini menandakan bahwa blog sobat sudah SEO dan sangat berpengaruh pada peningkatan SEO. Di samping itu brand website sobat akan lebih menonjol di hasil pencarian

Pentingkah Google Sitelink Itu?

Kalau menurut @ataeh "Penting".
Alasannya karena para ahli SEO, pebisnis online dan website-website besar, semua mengidamkan website mereka mendapatkan Google Sitelink ini. Selain itu, adanya Sitelink dapat membuat brand/perusahaan lebih mencolok di hasil pencarian.

Apa yang akan sobat dapatkan ketika website/blog sudah ada sitelink-nya?

1. Meningkatnya Kredibilitas Blog

Google akan memberikan hadiah sitelink bagi website yang sudah memenuhi standar kriteria yang ditetapkan Google. Karena, dengan memberikan sitelink pada sebuah website, hal ini menunjukkan bahwa website tersebut teroptimasi dengan baik, banyak pengunjung, populer, sehingga Google memberikan Sitelink Agar keberadaannya berguna bagi para pengunjung.

Penghargaan Google pada sebuah blog/web yang berupa sitelink yaitu Google menyediakan banyak tempat di layar untuk blog/web yang diberi sitelink. Ini menunjukkan bahwa Google page/halaman yang ditampilkan adalah hasil pencarian teratas dan terpopuler dari blog yang diberi sitelink dibandingkan dengan hasil pencarian lainnya.

2. Meningkatkan Awareness

Awareness adalah kemampuaan visitor atau viewer dalam mengingat atau mengenali sebuah nama, merek, gambar, logo, atau juga slogan-slogan tertentu yang dijadikan brand. Kalau sobat lihat sitelink ATAEH di hasil pencarian, sobat akan melihat tautan-tautan, tautan tersebut adalah postingan yang berupa artikel SEO dan artikel yang sering dilihat oleh para visitor.

Nah, dengan adanya tautan ini, maka orang-orang bisa langsung aware mengenai pembahasan yang bagus yang terdapat dalam Blog ataeh,  artikel yang sering tampil pada pencarian Google, artikel populer, hingga Link lain yang sering dilihat oleh para visitor atau pengunjung.

Dengan adanya Google sitelink ini, maka visitor tahu artikel apa saja yang sering dicari orang di blog yang memiliki sitelink ini. Sehingga hal ini dapat memudahkan dan membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi blog tersebut.

3. Bisa Meningkatkan CTR

CTR (Click Through Rate) adalah jumlah klik yang dilakukan pengunjung terhadap link impression. Impression adalah jumlah munculnya halaman website di hasil pencarian Google. klik ini biasanya bersumber dari hasil pencarian organik.

Nah, dengan adanya sitelink, maka pengunjung akan lebih mudah dan cepat dalam mengunjungi ke berbagai halaman populer website sobat. Dan sitelink ini dapat mendorong pengunjung untuk mengkliknya.

Manfaat dari semakin banyaknya pengunjung yang mengklik blog sobat dari hasil pencarian, maka semakin meningkat pula ranking Anda di Google pencarian, dan hal ini pada akhirnya meningkatkan CTR.

Btw, biasanya CTR digunakan sebagai barometer tingkat kesuksesan dari pemasangan iklan online seperti AdSense dan sebagainya.

4. Visitor Bisa Menjelajah Blog Lebih mendalam

Oia sob, ada juga beberapa blog/website yang memang diberi sitelink istimewa oleh Google. Yaitu sitelink kotak pencarian. Tapi bagi para Blogger seperti ATAEH cukup sitelink biasa tanpa adanya sitelink kotak pencarian. Biasanya yang dapat sitelink kotak pencarian yang menggunakan platform WordPress, bukan blogspot. Itupun viewernya puluhan bahkan ratusan ribu.

Adanya sitelink kotak penelusuran/pencarian memang membuat pengunjung bisa mencari sesuatu di dalam website tersebut langsung dari Google sitelink penelusuran, tapi lagi-lagi, fitur ini khusus untuk website yang besar-besar dan terkemuka.

Contoh website yang ada Google sitelink penelusuran adalah IMBD.

Mengapa dia dapat Google sitelink penelusuran?

Ya, karena Website ini mempunyai database berisi informasi lengkap mengenai film dan serial.

5. Pengunjung Bisa Tahu Halaman Terpopuler

Google Sitelink menyuguhkan informasi dengan tampilan yang sangat unik, sehingga hal ini bisa menjadi "daya tarik" untuk blog atau website. Dengan begitu maka akan memudahkan para pengunjung atau visitor dalam mengetahui halaman apa saja yang menjadi postingan yang menarik dan terpopuler dari website sobat di antara ratusan atau bahkan ribuan konten lainnya.

Contohnya begini, sobat mencari di Google search engine dengan kata kunci Blog ataeh. Maka di hasil pencarian, sobat akan mendapati sitelink mengenai artikel terpopuler di blok ataeh. Di antaranya seperti Cara Membuat Anti Copas, Memasang Tag, PARTNER AMP, DOWNLOAD TEMPLATE, Blog Aman Dari jingling, Partner ATAEH dan lain sebagainya.

Oke, sekarang Bagaimana Cara Mendapatkan/membuat Google Sitelink di blog atau website sobat?

Seperti yang telah ataeh sebut di atas bahwa Google sitelink dan Cuplikan Pilihan Google adalah hadiah dari Google, sehingga kita tidak bisa mengontrol Google untuk memberikan sitelink dan cuplikan pilihan pada website atau blog sobat. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa diusahakan agar Google mau memberikan keduanya pada blog kita.

Di bawah akan ataeh jelaskan Sembilan cara untuk mendapatkan Google Sitelink.

1. Buat Nama yang Unik

Sitelink selalu tampil pada pencarian dengan keyword nama atau brand tertentu. Walaupun tidak semua nama atau brand mendapatkan sitelink, hanya nama atau brand tertentu  yang unik yang itu pun harus berada di ranking teratas.

Kita ambil contoh, sobat punya blog/website dengan nama "Jasa SEO", atau "Master SEO". Nama atau brand tersebut akan sulit untuk mendapatkan sitelink. Sebab, nama tersebut terlalu umum dan yang dicari secara intent oleh visitor bukan mengarah pada nama blog atau web, sehingga Google Search engine menampilkan website yang menawarkan jasa SEO.

So, kalau memang ingin diberi sitelink oleh Google, pastikan nama blog/website sobat unik, ya seperti nama ataeh ini, nama ini kan unik, hehehehe. Dan kalau bisa buat nama yang pendek, yang terdiri dari lima huruf. Saya yakin sobat bisa mengarang nama-nama unik tersebut.

2. Jangan gonta-ganti Template

Kalau sobat serius ingin mendapatkan sitelink, Jangan gonta-ganti template. Karena Bahaya gonta-ganti template itu, Serius...!

Karena begini sob, ketika sobat mengganti template, itu artinya sobat meminta bot google untuk merayapi ulang struktur template sobat, sehingga blog sobat harus di crawl ulang lagi dari awal, karena Google akan menata ulang pola template yang baru untuk ditampilkan hasilnya dimesin pencari.

Sehingga, dengan mengganti template, maka perayapan Google untuk melakukan index terhadap artikel blog akan tertunda, akibatnya traffic akan menurun dan Google akan menggunakan pola template terbaru tersebut, yang awalnya dengan pola template awal (sebelum diganti) Google akan memberikan sitelink, membuat sitelink yang telah atau sedang di usahakan Google untuk blog sobat menjadi gagal.

3. Raih Ranking Pertama Untuk Nama Blog Sobat

Hadiah sitelink akan diberikan oleh Google bagi blog atau website yang berada di ranking teratas. Jadi, jika ingin mendapatkan sitelink usahkan nama pencarian blog atau website sobat berada di ranking pertama Google.

Dapat urutan paling atas atau Ranking pertama di Google Search engine, memang tidak mudah, membutuhkan waktu yang tidak singkat. Apalagi ada sitelink di bawahnya. Tapi, dengan sedikit usaha, sobat bisa saja meraih ranking pertama,

Caranya? dengan "SEO".

Silakan sobat cari dan pelajari artikel mengenai Strategi SEO, optimasi SEO Supaya No.1 Di Google Search Engine, bagaimana cara membuat artikel berkualitas yang disukai Google, bagaimana cara artikel bisa PAGE ONE, setting robot txt, Jangan lupa pula mengenai Backlink, Bagaimana Cara Membuat dan Mendapatkan Backlink Berkualitas dan lain sebagainya. Semuanya sudah ada pada blog ataeh ini.

4. Pastikan Struktur Navigasi Web Jelas

Struktur navigasi yang tak jelas akan menjadikan pengunjung bingung dan akhirnya meninggalkan website sobat. Bayangkan, bagaimana mungkin pengunjung/visitor yang menjadi target bidikan kita ternyata tak betah berada di website kita?

Adanya struktur navigasi yang tak jelas, di samping membingungkan visitor, suka mempersulit Google di dalam melakukan Crawling dan indexing.

Menu navigasi yang tertata rapi akan mudah dipahami oleh visitor mengenai bab dan Sub babnya, sehingga mereka tak kebingungan bernavigasi di blog sobat.

Jangan lupa pula, untuk membuat halaman-halaman penting sebagai penunjang blog/website sobat, seperti Contact, sitemap serta About Us dan lain-lain. Nah, ini letak rahasianya. Setelah sobat membuat itu semua, buat halaman-halaman penting tersebut, satu sama lain saling berhubungan dengan berbagai halaman lain di website sobat.

5. Buat Sitemap XML dan Masukkan Website ke Google Search Console

Keberadaan Sitemap ini penting sob, sebab dapat memudahkan Google dalam menganalisis semua halaman website. Jadi, buatlah sitemap website sobat di webmaster melalui Google Search Console. Dengan adanya sitemap XML ini, Google semakin mudah dalam menganalisa halaman mana yang penting dan berguna untuk di jadikan sitelink.

6. Usahakan selalu ada Internal Link

Ketika hendak memosting konten, terlebih dahulu koreksi konten anda, setelah itu jadikan beberapa kalimat untuk dipasang Internal link.

Internal link adalah link yang dipasang di satu halaman yang menuju ke halaman lainnya dalam satu website yang sama.

Semakin banyak internal link yang sobat pasang, semakin baik, karena dapat memudahkan Google dalam merayapi web yang nantinya Google bisa menentukan halaman yang mana untuk di jadikan sitelink.

Coba sobat lihat konten @ataeh ini, berapa internal link yang dipasang.

Biasanya di template yang ada sekarang, di tengah artikel ada baca juga, lalu di bawah artikel ada juga You Might Also Like atau related post, itu termasuk internal link (backlink), tapi kurang nendang pengaruhnya pada SEO.

Yang bagus yang bagaimana?

Yang bagus ya yang berada di tengah paragraf atau kalimat dan masih berhubungan erat dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.

7. Atur Judul Halaman Website Anda

Sudah pasti, setiap blogger mengharapkan konten yang ditulis menempati posisi di urutan pertama  Google search engine. Untuk mendapatkan hal ini, Tidak ada cara lain kecuali memilih judul halaman yang relevan dengan keyword. Artinya pastikan keyword yang sobat bidik ada pada judul halaman.

Sitelink yang Google pilih merupakan judul halaman, jadi, pastikan judul konten relevan dengan isi. Judul yang baik adalah judul yang singkat dan to the point akan tetapi didalamnya terdapat deskripsinya.

Judul halaman yang tidak sinkron dengan isinya akan membuat Google mengabaikannya, kalau sudah begitu, ranking blog akan jelek. Ucapkan selamat tinggal kepada sitelink, Karena Sobat tidak akan pernah mendapatkannya.

8. Tingkatkan Brand Awareness

Ketika sebuah brand Awareness meningkat, maka semua orang akan merasa familiar dengan nama itu. Semakin orang familiar dengan sebuah brand, Maka, semakin sering pula mereka akan mencari nama brand tersebut di Google.

Caranya bagaimana?
Kalau untuk blog Ataeh sendiri, yang sering dilakukan adalah dengan share nama di grub para blogger, biasanya Admin selalu membuat tulisan sedikit di FB, dan di bagian paling bawah admin tulis salam @ataeh.
Kalau begini caranya, maka akan membuat semakin banyak orang yang kenal, sehingga ketika mereka mencari pemecahan masalah seputar dunia blogger, mereka akan mencari nama brand ataeh di Google. Kalau sudah begini, maka semakin tinggi pula kesempatan untuk mendapatkan Google sitelink.

Kenapa bisa begitu?

Karena, apabila dalam Google pencarian sering di tulis nama sebuah brand, maka Google akan menganggap kalau sitelink yang akan diberikan pada sebuah brand tersebut bisa membantu apa yang dicari oleh seorang visitor. Sehingga visitor dapat dengan mudah menemukan artikel terpopuler atau yang mereka cari.

9. Gunakan Data SEO yang Terstruktur

Nah, yang terakhir ini khusus untuk pengguna WordPress, yaitu menggunakan data terstruktur. Menggunakan data terstruktur tidak lain adalah untuk memberikan informasi pada Google agar Google bisa memahami isi halaman, informasi web/blog secara keseluruhan.

Apa fungsi dari data terstruktur?

Adanya data terstruktur pada blog atau website tidak lain adalah untuk mengaktifkan beberapa fitur sebagai penyempurna hasil penelusuran pada Google search engine. Jadi kesempatan untuk mendapatkan sitelink jauh lebih besar daripada tidak menggunakan data terstruktur.

Flatform ini ni hanya tersedia bagi pengguna Wordpress, sehingga sobat bisa memanfaatkan fitur struktur data dengan menggunakan plugin SEO, seperti Yoast SEO atau All in One SEO.

Biar tidak salah paham, ataeh tegaskan bahwa data SEO yang terstruktur tak bisa menjamin blog/website sobat mendapatkan sitelink. Akan tetapi, dengan menggunakan cara ini kesempatan untuk mendapatkan sitelink jauh lebih besar daripada tidak menggunakannya.

Mungkin cukup sekian dulu ya sob ulasan mengenai Cara Membuat atau Mendapatkan Sitelink Pada Blog atau Web, semoga bisa bermanfaat. Kalau ada yang kurang dimengerti, silahkan tinggalkan komentar di bawah.






Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP