Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

Cara Membuat/Mendapatkan Cuplikan Pilihan Google (Google SERP Snippet/Featured Snippet)

Cara Membuat/Mendapatkan cuplikan pilihan Google (Google SERP Snippet/Featured Snippet) - Hai sobat @ataeh, Kali ini @ataeh akan mengulas akan membuat artikel mengenai cara membuat SERP Snippet/Featured Snippet atau yang dikenal dengan Cuplikan Pilihan Google. Fokus pada pembahasan Google SERP Snippet ini sebagai bahan informasi bagi para websiter.

Begini sob, Cuplikan pilihan Google ini diberikan gratis oleh Google, jadi tidak bisa dibuat dan diatur dari dalam template, namanya juga apresiasi dari Google, ya terserah Google mau memberikan sama blog/web apa dan yang mana saja. Sama juga halnya dengan Sitelink. Sitelink Ini juga bentuk apresiasi Google terhadap konten dan tulisan sobat di blog/web.

Cuplikan Pilihan Google juga disebut dengan istilah Google SERP Snippet atau Featured Snippet

Apa itu Cuplikan Pilihan Google atau Google SERP Snippet/Featured Snippet?

Cuplikan pilihan adalah fitur khusus yang diberikan Google Penelusuran yang berupa tampilan ringkas berbentuk jawaban dari apa yang dicari oleh visitor dengan sebuah bentuk kolom cuplikan di posisi atasnya URL (SERP). Cuplikan pilihan bentuk formatnya unik, pemosisiannya tepat, dan Asisten Google sering merekam pencarian kata kunci tersebut.

Bagaimana bentuk tampilan cuplikan blog/web yang menjadi pilihan Google?

Tampilan yang disajikan oleh Google penelusuran berupa listingan (tampilan yang disertai foto, namun kadang juga tanpa ada tanpa foto) cuplikan yang menjelaskan isi halaman website terlebih dahulu, kemudian disusul dengan judul lalu URL.
Lebih mudahnya, tampilan Cuplikan Pilihan Google atau Google SERP Snippet ini adalah tampilan cuplikan yang terdiri dari web page, tautan ke halaman, judul halaman serta URL.
Nah, yang model begini ini yang dinamakan "cuplikan pilihan".
Lihat gambar di bawah.



Biasanya, seperti kita ketahui bahwa Google penelusuran menampilkan judul halaman terlebih dulu, setelah itu baru URL, kemudian deskripsi dari artikel/konten yang sobat cari.

Tapi perlu sobat pahami, dalam setiap hari, jutaan bahkan puluhan juta orang di dunia selalu meng-update konten. Itu artinya sobat berlomba-lomba untuk meraih dan mendapatkan cuplikan pilihan Google. Berapa juta konten yang setiap hari dipilah dan dipilih oleh sistem algoritma Google untuk dipilih dan dijadikan cuplikan pilihan.

Dengan format HTML yang tepat dan strategi SEO yang tertarget, tidak menutup kemungkinan blog/web sobat terpilih menjadi blog yang dipilih oleh Google dan layak dijadikan Cuplikan Pilihan Google atau Google SERP Snippet

Bagaimana Cara Google memilih Cuplikan Pilihan Google?

Google dengan sistem otomatis yang dimilikinya akan memilih blog atau situs yang layak dipilih dan dijadikan dan diberikan listingan cuplikan. Sudah barang tentu blog atau web milik sobat minimal (harus SEO) artinya sobat harus berusaha untuk menjadikan blog sobat sudah masuk kategori blog atau web SEO. Silahkan sobat pelajari Strategi SEO. Dengan blog yang SEO, bisa diharapkan blog sobat berada posisi No.1 Di Google Search Engine, dengan begitu, maka Pengunjung dan Traffic Website akan meningkat.

Apa Tujuan adanya Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet?

Tujuan Google adalah membantu orang lebih mudah menemukan konten yang mereka cari, karena konten yang pertama dan paling awal ditampilkan adalah berbentuk deskripsi dari isi konten yang tampil di halaman, sehingga mereka bisa untuk membaca terlebih dahulu deskripsi yang tertera pada listingan sebelum mereka mengklik link untuk membaca halaman itu sendiri. Fitur cuplikan pilihan akan sangat berguna bagi para visitor, terlebih lagi jika para visitor menggunakan perangkat seluler atau penelusuran lewat suara.

Apapun tampilan Cuplikan pilihan biasanya berisi satu listingan, tetapi bisa muncul lebih dari satu listingan.


Apa Manfaat Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet?

  1. Google Memberikan Rank istimewa pada blog/web dengan Rank #0
  2. Adanya Peluang CTR yang meningkat
  3. Akan meningkatkan rating traffic visitor.
  4. Secara otomatis Google akan meningkatkan artikel yang lain dan ikut berpotensi menjadi Page One
  5. Lalu lintas visitor organik akan terus berdatangan di blog sobat, hal ini akan menjadikan blog ramai pengunjung.
  6. Meningkatkan kepercayaan para visitor/pengunjung pada blog kita
  7. Meningkatkan Awareness
  8. Dan masih banyak yang lainnya

Dari mana cuplikan pilihan berasal?

Google memiliki sistem otomatis yang akan memilah dan memilih dari berbagai jutaan blog atau website setiap harinya yang akan dijadikan atau diberikan Google penelusuran/ Google SERP. Dari listingan pelurusan web ini maka akan ditampilkanlah cuplikan pilihan.

Ini penting untuk diutarakan bahwa:
Sistem otomatis Google akan memberikan Cuplikan pilihan/Google SERP Snippet kepada blog atau web yang kontennya atau artikelnya diutarakan dalam bentuk pertanyaan.

Apakah ada kebijakan dari Google terkait dengan cuplikan pilihan?

"ya,... Ada"

Ada beberapa ketentuan yang menjadi kebijakan dari Google penelusuran terkait cuplikan pilihan/Google SERP Snippet. Hal ini dikarenakan cuplikan pilihan adalah fitur khusus dengan format yang unik dan mendapat perlakuan yang istimewa, maka teks cuplikan pilihan, gambar, dan halaman asal tidak boleh melanggar kebijakan Google.

Berikut ini adalah hal-hal yang  termasuk melanggar kebijakan Google terkait cuplikan pilihan:

1. Konten S3ksual nan vulgar
Konten yang sobat tulis bukanlah tentang S3ksual nan vulgar, karenanya dengan konten semacam itu maka Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet tidak akan diizinkan. Malah, bisa jadi bukan cuplikan pilihan saja yang
Google AdSense sobat pun akan kena teguran dari Google. Tetapi ada yang diizinkan oleh Google dan bahkan bisa menjadi Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet kalau Istilah yang dipakai terkait s3ksual adalah konten yang berisi istilah medis atau ilmiah untuk anatomi manusia, misalnya frasa yang berhubungan dengan edukasi s3ks.

2. Ujaran kebencian
Menghina, melecehkan, merendahkan, atau bahkan Pro dalam kekerasan serta ikut dalam menghasut yang menyebabkan kebencian terhadap personal atau kelompok, bahkan ras, agama, etnis, disable, usia, status, jenis kelamin, kebangsaan, karakter gender dan lain sebagainya yang terkait dengan diskriminasi atau marjinalisasi sistemik, maka jangan harap Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet bersarang pada blog atau website sobat. Yang ada Google akan memberikan peringatan untuk segera menghapus konten sobat.

3. Kekerasan
Konten kekerasan atau bahkan dukungan yang mengarah pada tindakan kekerasan dan kekejaman tidak akan pernah menjadi Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet.

4. Merugikan dan berbahaya
Konten yang mengarah pada sesuatu yang berbahaya dan merugikan orang lain tidak akan pernah tampil menjadi Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet, walaupun konten tersebut dalam Google pencarian menempati peringkat pertama. Hal-hal yang berbahaya menurut penilaian Google meliputi barang, layanan, atau aktivitas berbahaya lainnya. Bahkan Google secara tegas juga memasukkan pada pelanggaran kebijakan, yaitu memberikan informasi dengan cara yang dapat menyebabkan bahaya serius dan langsung, termasuk membahayakan diri sendiri, seperti mutilasi, gangguan makan, atau penyalahgunaan obat.

5. Bertentangan dengan kesepakatan tentang topik kepentingan publik
Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet tidak akan menampilkan konten yang bertentangan dengan kesepakatan publik. Dalam hal ini -- termasuk masalah kewarganegaraan, medis, ilmiah, dan historis tidak akan bertentangan dengan konsensus dari para ahli atau dukungan yang kuat.

Kebijakan dari Google penelusuran di atas berlaku bagi apa pun yang dapat muncul sebagai cuplikan pilihan. Tidak berlaku untuk listingan penelusuran web atau yang menyebabkan cuplikan tersebut dihapus.

Apakah Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet sewaktu-waktu bisa dihapus oleh Google?

"ya.... Google bisa saja menghapus Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu"

Karena begini gan, kerjaan Google Setiap hari memproses miliaran penelusuran. Sehingga opsi yang dipilih oleh Google adalah Otomatisasi, karena hal ini satu-satunya cara untuk menangani begitu banyaknya penelusuran ini. Sehingga untuk memberikan pelayanan terbaik secara berkala dan berkelanjutan, maka untuk meningkatkan hasil ini Google selalu menyempurnakan sistem otomatis, yaitu algoritme penelusuran.

Karena sistem ini bekerja otomatis, maka andaikata ada kekeliruan dan kesalahan, hal itu wajar. Contohnya seperti adanya cuplikan pilihan yang dipilih Google ternyata melanggar kebijakan Google sendiri. Oleh sebab itulah, Googl menyediakan sistem pelaporan publik.

Kalau memang cuplikan pilihan yang dilaporkan tidak melanggar kebijakan,  tentu konten yang sobat laporankan tidak akan dihapus. Tapi, kalau memang ada, maka Google akan menghapusnya kalau terbukti melanggar kebijakan Google. Penghapusan Cuplikan Pilihan/Google SERP Snippet akan ditindak lanjuti oleh Google dengan cara hapus manual kalau memang terbukti melanggar kebijakan, tapi kalau tidak melanggar kebijakan, sekuat apapun sobat melapor, Google tak akan menghapusnya.

Sekian dulu ulasan dari ataeh mengenai semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat sehingga sobat bisa mendapatkan cuplikan penelusuran/Google SERP Snippet dalam setiap konten yang sobat posting.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP