Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

SEO : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenis Optimasinya

Pengenalan dasar SEO mulai dari pengertian sampai dengan optimasinya

SEO : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenis Optimasinya - Salam Blogger mania bagi semua sahabat, kali ini @ataeh akan mengulas mengenai SEO yang meliputi Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenis Optimasinya. Bagi Anda yang sedang beraktivitas di dunia maya mungkin pernah menemukan sebuah istilah dengan sebutan SEO. Bagi para aktivis blogging, website atau situs dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia maya istilah SEO bukanlah hal baru atau asing. Tapi bagi anda yang notabenenya sebagai pengguna internet yang masih awam, mungkin dipenuhi dengan tanda tanya besar mengenai apa itu SEO, apa fungsinya, apa tujuannya, mengapa banyak orang mempelajarinya dan lain sebagainya yang mungkin tanda tanya tersebut masih belum terjawab dengan tuntas.

Search Engine Optimization disingkat menjadi SEO, yang kalau diartikan secara harfiah bisa bermakna pengoptimalan mesin pencari. Dengan demikian, maka SEO dapat didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan seseorang yang bertujuan untuk mempengaruhi visibilitas atau ranking situs di mesin pencari.

Di dalam meraih visibilitas atau ranking situs di mesin pencari, pengoptimalan SEO ini biasanya melibatkan berbagai cara atau teknik. Diantaranya mempercepat loading blog atau website atau situsnya, riset kata kunci (keyword), pemasangan Meta deskripsi dan lain sebagainya. Situs yang sudah dilakukan optimasi yang baik maka akan berpotensi menduduki peringkat posisi teratas halaman terdepan mesin pencari – terutama di search Engine Google, ketika dilakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu.

Contoh Penerapan SEO

Mungkin anda agak sedikit kebingungan kalau hanya memahami SEO dari pengertian di atas tanpa adanya contoh, Oleh karena itu untuk mempermudah anda memahami SEO, berikut @ataeh berikan contoh penerapan SEO dan mengapa SEO itu penting.

Pada blog @ataeh ini banyak sekali konten artikel atau tulisan yang keren dan bermanfaat yang bisa anda baca. Salah satunya adalah artikel tentang Sitemap AMP. Artikel ini mengulas tentang cara membuat Sitemap Valid AMP dengan mudah. Adapun kata kunci yang dioptimasikan pada artikel tersebut adalah "Membuat Sitemap Valid AMP" dan ada beberapa kata kunci turunan lainnya yang dipasang dalam konten tersebut. Dengan melakukan optimasi SEO kata kunci tersebut, ketika Anda atau siapapun mengetikkan kata kunci "Sitemap Valid AMP" di mesin pencari Google, maka hasilnya artikel ataeh tersebut akan muncul di halaman pertama. Seperti ini.

Nah, untuk bisa memunculkan konten di halaman pertama seperti contoh di atas, dibutuhkan yang namanya optimasi SEO.

Tujuan dan Manfaat SEO

OK, Next, pertanyaan berikutnya, Apa Tujuan dan Manfaat SEO untuk situs?

Jika kita melihat definisi di atas mengenai apa itu SEO beserta ilustrasinya, maka kita dapat menarik beberapa poin mengenai tujuan dan manfaat menerapkan SEO pada blog, website atau situs kita.

  1. Tujuan paling utama di dalam menerapkan SEO pada blog, website atau situs kita adalah memperoleh posisi teratas di mesin pencari.
  2. Tujuan lainnya adalah mendapatkan traffic atau lalu lintas pengunjung. Jika dibuat sebuah alur agar pembahasan ini mudah dipahami, maka alurnya begini: ketika tujuan pertama di atas tercapai (website atau situs kita berada di posisi atas dalam search Engine Google), maka secara otomatis situs kita akan mendapatkan yang namanya traffic website (lalulintas pengunjung website).
  3. Mendapatkan pengunjung baru yang berkualitas. Maksudnya, pengunjung adalah orang yang benar-benar membutuhkan informasi yang anda sajikan.
  4. Meningkatkan durasi kunjungan. Pengunjung yang mencari informasi dan mendapatkan informasi yang mereka cari ada di website anda, maka pengunjung tersebut akan rela berlama-lama di situs anda demi memuaskan rasa ingin tahunya.
  5. Meningkatkan konversi, jika Anda adalah seorang pebisnis online, maka dengan menerapkan SEO pada website anda, maka akan dapat mendatangkan konversi yang lebih baik.
  6. Meningkatkan popularitas, otoritas dan tentu saja brand awareness. Artinya, dengan peringkat teratas di pencarian Google, maka orang akan mudah mengingat situs Anda.

Jenis-jenis Optimasi SEO

Ok, Next pembasan. Setelah kita  membahas soal pengertian kemudian tujuan dan manfaat SEO, sekarang kita masuk ke  pembahasan selanjutnya, Yaitu jenis-jenis optimasi SEO.

Secara  garis besar ada dua jenis optimasi SEO, yang pertama SEO On Page dan yang kedua SEO Off Page.

SEO On Page

SEO On Page adalah pengupayaan optimasi yang dilakukan di dalam situs. Tujuannya adalah agar halaman-halaman yang ada memenuhi kriteria SEO yang baik. Optimasi SEO On page jenis ini termasuk optimasi yang paling mudah dilakukan dan bahkan sudah jadi ritual rutin bagi para blogger.

Ketika anda membeli template blog premium atau template gratisan untuk website anda, hampir semua template tersebut sudah di optimasikan oleh sang pembuat template. Dengan kata lain template tersebut sudah memenuhi kriteria SEO yang Baik.

Teknik SEO On Page dapat dilakukan dengan cara menyisipkan kata kunci yang relevan di beberapa bagian situs Anda. Misalnya:

  1. Judul situs atau judul artikel
  2. Deskripsi atau Meta Deskripsi di halaman utama dan juga artikel
  3. Isi situs atau artikel
  4. Kategori / Label
  5. Permalink atau URL
  6. Heading
  7. Image dan image ALT

SEO Off Page

SEO Off page adalah upaya pengoptimalan yang dilakukan di luar situs. Antara seo on page dan seo off page Keduanya sama saja, cuma bedanya adalah masalah dalam dan luar. Artinya Kalau SEO On Page berarti optimasi SEO dari dalam situs, sedangkan SEO Off Page berarti optimasi SEO dari luar situs.

Walaupun letak perbedaannya masalah dalam dan luar, namun hal ini merupakan bagian penting dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi ranking situs Anda.

Dalam hal SEO Off Page ini, kita akan lebih banyak membicarakan soal backlink atau tautan balik.

Teknik backlink atau tautan balik ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Antara lain, Anda bisa membangun backlink dengan saling bertukar link dengan sesama komunitas pegiat website, atau anda menanamkan link anda di situs tertentu, yang menuju ke situs Anda dengan darah anda berkomentar pada situs tersebut.

Apa gunanya semua ini? 

Gunanya tidak lain adalah untuk meningkatkan popularitas situs anda yang nantinya juga akan menjadi salah satu indikator yang menentukan posisi situs anda di mesin pencari.

Untuk metode optimasi SEO Off Page ini sering mengalami perkembangan dan perubahan, sehingga banyak para praktisi website yang berpendapat bahwa optimasi SEO Off Page metode backlink sudah tidak penting lagi dan tidak memiliki pengaruh apa-apa terhadap search engine google. Tapi menurut saya pribadi, backlink tetaplah penting dan memiliki pengaruh terhadap SEO selama diterapkan dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa jenis backlink yang direkomendasikan oleh para praktisi SEO.

  1. Jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Youtube, dan lain-lain
  2. Web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, Tumblr, dan sebagainya)
  3. Forum signature (kaskus, forum detik, forum kompas)
  4. Social bookmark
  5. Komentar blog dengan cara mengunjungi blog sejenis dan meninggalkan komentar serta tautan.
  6. Guest post
Oh iya, dalam penanaman backlink ini tidak boleh asal menaruh, dalam arti janganlah setiap situs yang anda kunjungi anda berikan komentar yang di sana, lalu anda menanamkan tautan ke situs anda (backlink), karena ada beberapa kriteria backlink yang malah dibenci oleh Google. Anda bisa membacanya di sini mengenai backlink yang dibenci oleh google,  Pembahasan ini juga dapat membantu Anda mengenal SEO yang baik seperti apa.

Mungkin ini saja penjelasan dari ATAEH mengenai apa itu SEO, yang meliputi Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Jenis-jenis Optimasinya. Dan masih banyak hal yang diperlukan untuk pembahasan mengenai SEO,  mungkin di lain waktu kita akan membahas kembali.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP