Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

Strategi SEO Praktis Untuk Meningkatkan Pengunjung dan Traffic Website

Otomatis SEO


Strategi SEO praktis untuk Meningkatkan Pengunjung dan Traffic Website - Jadi begini sobat @ataeh, SEO memegang peranan sangat penting sekali bagi sebuah blog atau website, karena artikel, catatan, informasi, pengetahuan, curhatan, konten dan lain-lain yang sobat tulis di blog atau website sobat, tidak ada pengunjung atau viewer di blog atau situs sobat.

Nah, Kali ini @ataeh akan mengulas mengenai Strategi SEO Praktis untuk Meningkatkan Pengunjung dan Traffic Website. Tujuannya adalah untuk  Meningkatkan Peringkat Blog atau web sobat di mesin pencari atau Google Search Engine. Minimal konten yang sobat tulis berada di page one, walaupun tidak berada di urutan nomor satu. By the way@ataeh juga pernah membasah tentang Mengoptimalkan SEO Pada Blog, Supaya No.1 Di Google Search Engine

Kalau sobat menemukan trik atau teknik SEO si blog atau situ orang lain, tapi tak satupun konten dia berada di halaman Page one Google Search engine, udah tinggalkan aja. Karena dia sendiri tidak bisa membuat kontennya sendiri bisa muncul di Google Search engine, eh, malah bahas tips&trik SEO, kan lucu.
Alasannya begini sob, banyak para Blogger yang terkenal lewat medsos Facebook, padahal blog atau website dia sama sekali tidak SEO, dan lucunya lagi, dia membahas tentang teknik SEO, bahkan berani membuka jasa dan penjualan blog SEO. Kayak blog-nya Si-NGANU itu.

Oke, kita langsung saja ke pembahasan.

Pentingkah SEO?

Jawabannya "PENTING"

Kalau sobat liat produk-produk yang dijual secara online, tim yang mereka miliki selalu update perkembangan SEO dari Google. Di samping itu, mereka sering share, memberikan pelayanan menarik, kemudahan, doorprize dan lain-lain. Bukan hanya itu saja, Strategi digital terus mereka kembangkan dan tertarget. Sehingga sangat wajar apabila anda mencari barang dagangan, yang tampil di urutan teratas adalah website-website mereka, karena mereka sudah menerapkan strategi SEO yang tepat.

SEO (search engine optimization) atau dalam bahasa Indonesia diartikan pengoptimalan mesin penelusuran, yaitu sebuah strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan blog atau website atau situs agar muncul di halaman pertama pencarian Google.

Dengan seringnya situs sobat tampil di halaman pertama, manfaat yang akan sobat dapat adalah ranking situs sobat akan meningkat di mesin pencari serta semakin besar peluang untuk dapat menaikkan traffic dan meningkatkan awareness (kemampuaan visitor atau viewer dalam mengingat atau mengenali sebuah nama, merek, gambar, logo, atau juga slogan-slogan tertentu yang dijadikan brand). Dengan begitu, maka pengunjung atau visitor dengan senang hati akan menjadi pelanggan informasi dari blog atau website sobat.

Oke, berikut ini adalah ulasan mengenai jenis SEO dan beberapa panduan strategi SEO praktis yang perlu sobat ketahui.

Macam-macam SEO

Penerapan SEO ada dua macam, yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Sobat bisa mengaplikasikan kedua strategi SEO ini pada situs sobat. Next penjelasannya.


SEO on-page

Apa SEO on-page itu?

SEO on-page adalah pengoptimalan website terhadap mesin pencari dilihat dari dalam website sendiri.

Artinya, sobat melakukan optimasi di dalam website sobat sendiri.

Apa tujuan SEO on-page?

Tujuan dari optimasi SEO on-page adalah agar website sobat sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh mesin pencari (dalam hal ini Google Search engine), sehingga website sobat dinilai benar-benar yang memiliki kualitas terbaik.

Dengan melakukan optimasi SEO on-page, maka halaman situs sobat bisa naik ke peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Dengan begitu, secara otomatis website dapat meningkatkan organic traffic.

Bagaimana penerapan SEO on-page?

Penerapan SEO on-page tertarget pada penempatan dan penggunaan kata kunci pada judul, meta description dan tags H1, H2, optimalisasi search intent, memaksimalkan kecepatan loading halaman situs, penulisan URL yang singkat, serta penggunaan alt tags deskriptif pada gambar.


SEO Off-page

Apa SEO Off-page itu?

SEO Off-page adalah pengoptimalan website dengan memanfaatkan faktor-faktor di luar halaman situs.

Artinya, SEO off-page kebalikan dari SEO on-page. Kalau SEO on-page optimasi dalam website, kalau SEO off-page di luar website.  melakukan optimasi di dalam website sobat sendiri.

Apa tujuan SEO off-page?

Tujuannya adalah untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Bagaimana penerapan SEO off-page?

Penerapan SEO off-page tertarget pada link building. Hanya itu saja.

Panduan strategi SEO praktis

Jika sobat ingin menerapkan teknik SEO agar blog atau website sobat agar teroptimasi, ada beberapa langkah strategi SEO yang harus sobat terpakan, yaitu:

1. Gunakan domain berisi keyword

Bagi kamu yang baru berkecimpung dalam dunia online, khususnya website atau Blogger, dan ingin membuat membuat blog atau website, usahakan domain adalah keyword yang akan sobat target.

Karena begini sob, dengan adanya keyword dalam domain, sudah pasti hal ini akan membantu mesin pencari (search engine) untuk mengetahui fokus situs yang sobat buat. Contoh, sobat ingin menargetkan konten tentang kesehatan herbalis yang di dalamnya terdapat trik dan cara, maka baiknya domain sobat adalah cara sehat dan sejenisnya, atau sobat punya nama yang lain. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam mendongkrak SEO situs sobat. Hal ini sangat direkomendasikan untuk sobat yang pemula.

2. Memasang Meta description

Masih menjadi perdebatan antara para pakar SEO mengenai meta description. Pentingkah meta description, adakah pengaruh positif meta description pada optimasi SEO?

Dari perdebatan para pakar SEO, sebagian besar para pakar SEO yakin bahwa meta description tetap mempengaruhi peringkat situs.

Meta Description adalah teks pendek sekitar 135-160 huruf yang ditempatkan di HTML web yang menjelaskan tentang konten website. Meta description akan muncul di bawah URL website sobat ketika sobat melakukan pencarian situs di Search engine.

Meta description adalah bagian terpenting dari pengoptimalan mesin telusur. Hal ini akan meningkatkan kunjungan situs web sobat.

3. Lakukan riset keyword

Sebelum sobat membuat konten, sebaiknya adakan dulu perencanaan. Langkah selanjutnya adalah memikirkan apa keyword yang akan diketik di Google.

Bagaimana caranya riset keyword?

Sobat bisa memanfaatkan Google Adwords, yaitu Keyword Tools. Layanan ini gratis dan memang disediakan oleh Google.
Setelah sobat mendapatkan keyword yang dimaksud, coba lakukan googling keyword yang sobat dapatkan, dan lihat, seperti apa artikel yang keluar.

Biasanya, artikel yang muncul akan sama dan ini bisa menjadi tanda seperti apa artikel yang biasa dicari oleh visitor atau pengunjung. Tapi, ini bukan berarti sobat membuat artikel yang sama, ya. Judulnya mungkin sama atau serupa, tapi isinya kan beda.

Untuk meta keyword, sekarang Google sudah tidak memasukkan dalam prioritas, bahkan tidak memberikan efek apapun terhadap SEO. Jadi, sobat mau pakai, ya monggo, tidak, ya gak apa-apa.

By the way, ATAEH jarang melakukan riset keyword. @ataeh biasanya memanfaatkan Google suggestion.

4. Membuat konten berkualitas

Konten berkualitas itu seperti apa?
Konten berkualitas itu konten yang membuat pembacanya menikmati isi atau tulisan konten. Sudah pasti memberikan informasi yang bermanfaat dan dalam konter terdapat keyword SEO. Bahkan, dengan konten yang berkualitas, pembaca rela menjadi subscriber atau pelanggan tetap terhadap update konten situs sobat.

Sudah pasti, konten yang berkualitas adalah konten yang original, bukan copas.

5. Manfaatkan media sosial

Media sosial memiliki peran penting dalam kancah SEO. Bukan hanya konten menarik dan bagus yang menjadi kunci sukses SEO, tapi juga berkualitas, menarik dan sangat pantas untuk dibagikan.

Jadi, sobat jangan remehkan media sosial, karena media sosial juga memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan website atau blog dan SEO.

6. Bangun backlink

Dari waktu ke waktu, yang namanya Algoritma Google akan selalu update. Namun, yang namanya backlink tidak akan pernah berubah, dan ini memberikan pengaruh SEO pada situs sobat. Kareba backlink tidak akan berubah dan memberikan dampak positif bagi SEO, maka bangunlah backlink yang berkualitas di blog sobat. Untuk membangun backlink, tidak langsung dan seketika, tapi harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus.

7. Berikan penamaan pada gambar

Penamaan gambar, tidak bisa dianggap sepele, karena hal tersebut juga berpengaruh pada SEO, artinya penamaan gambar adalah sesuatu yang penting. Lakukan optimasi pada setiap gambar yang sobat upload dengan menyisipkan Title tags, ALT, dan menamai file gambar sesuai keyword atau judul konten sobat. Hal ini sangat berpengaruh pada SEO.

8. Cantumkan link

Setelah konten anda sudah fix 90% dan hendak di publish, jangan lupa untuk memasukan internal link dan external link.
Internal link adalah tautan (link) yang mengarah dari halaman ke halaman lain di blog atau website yang sama.
External link adalah tautan (link) yang mengarah pada situs lain, atau tautan (link) yang menuju halaman web sobat yang berasal dari luar website sobat.

9. Perhatikan plugins SEO

Untuk yang terakhir ini dikhususkan bagi sobat yang menggunakan WordPress, bukan blogspot atau yang lainnya. Kalau sobat pakai WordPress ini, Ada beberapa plugins pendukung yang harus sobat pasang dalam situs sobat. Karena hal ini dapat membantu SEO. Beberapa plugins yang bisa sobat pakai dalam WordPress adalah Yoast WP SEO atau All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images. Semua plungins ini sangat membantu dalam meningkatkan SEO.


Internal link dan External link

Ini hanyalah penjelasan tambahan ya sob.
Begini sob, baik internal link maupun external link, keduanya memberikan dampak positif bagi sebuah situs.

Internal link akan memberikan dampak peningkatan engagement (komunikasi dua arah), menurunkan bounce rate, dan memudahkan Google untuk membaca halaman-halaman pada blog atau website sobat.

Sedangkan external link dampaknya pada situs adalah memperkuat konten, karena dalam artikel yang ditulis Blogger lain terdapat link yang menuju pada artikel sobat.

Gunanya Ekternal link yang berkualitas adalah bisa memengaruhi poin relevansi dan tingkat kepercayaan suatu halaman. Dengan begini, Google akan memberikan nilai positif pada blog sobat karena strategi SEO yang diterapkan tepat dan sesuai sasaran.

Ketika Google sudah memberikan nilai positif pada blog atau website sobat, maka otomatis page rank dan kemudian traffic akan meningkat.

Nah, dari ulasan di atas tentang strategi SEO untuk meningkatkan
Pengunjung dan traffic blog ini, ada yang perlu sobat pahami betul bahwa. Perlu kamu ingat bahwa untuk mendapatkan SEO tidak bisa secara instan, Butuh waktu dan proses, bersabarlah.

Akan tetapi kalau blog dan website sobat sudah SEO, maka brand awareness akan meningkat, Begitu juga dengan ranking blog, serta sobat tidak mengeluarkan biaya yang banyak, serta traffic yang berkualitas akan datang dengan sendirinya.

Mengapa bisa begitu?

Ya, karena visitor atau pengunjung yang datang adalah orang yang memang suka, tertarik, senang, paham dengan apa yang sobat ulas, bukan karena ini dan itu. Sehingga mereka merasa nyaman dengan ulasanmu sob, kalau sudah begitu, visitor akan memberikan kepercayaan pada apa yang sobat sampaikan.

By the way, teruslah belajar dan jangan merasa bosan untuk mempelajari SEO dan strateginya, karena algoritma Google sering kali l berubah. Sobat bisa dapat dari berbagai sumber, atau berkonsultasi dengan para suhu SEO.

Sekian dulu dari @ataeh mengenai ulasan Strategi SEO Praktis untuk Meningkatkan Pengunjung dan Traffic Website Semoga berhasil!

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP