Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

Bahaya Gonta-Ganti Template Blog

Bahaya Gonta-Ganti Template - Hai sobat @ataeh, tau gak kalau sering gonta-ganti template bisa berdampak negatif bagi blog/website?

Nah, biasanya yang sering gonta-ganti template tuh para Blogger pemula atau yang dikenal dengan sebutan newbie.

Kenapa Blogger pemula suka gonta-ganti template?

Karena mereka masih belum paham cara kerja Google dalam indexing data blog atau website di Google webmaster. Namanya juga pemula.

Mau umur berapa juga, baik tua, muda, remaja, dah nikah atau belum, kalau masih newbie atau pemula, sukanya gonta-ganti template. Ataeh dulunya juga begitu hihihihi. Tapi, it's no problem, yang penting bukan gonta-ganti pasangan hehehehe

Begitu juga para Mastah atau para Suhu Blogger, dulunya pada waktu masih newbie, mereka juga suka gonta-ganti template. Hayooo.. Ngaku...  Hihihi

Ok, to the point.

Apakah berbahaya menggonta-ganti template?

"Iya, Berbahaya" tepatnya bagi perkembangan blog/web tersebut dalam persaingan kancah persaingan SEO di mesin pencarian Google. Bahkan, mengganti beberapa fitur template saja, sudah memberikan dampak negatif pada blog

Tapi kan, yang namanya Blogger newbie atau pemula penuh rasa penasaran dan kepo, wajar dong kalau ada template baru yang keluar ingin mencoba. Terus gimana dong om ataeh?

Kalau memang penuh rasa penasaran dan kepo terhadap template keluaran baru, bikin aja blog cadangan atau skunder, yang nantinya bisa dibuat sebagai kelinci percobaan template baru. Ya.... Buat ajang latihan otak-atik template lah, tapi otak atik template nya jangan sama template primer.

Lalu apa bahaya yang akan sobat alami jika sering gonta-ganti template?

Yuks, simak....


Bahaya Gonta-ganti Template Blog

1. Visitor Blog Menurun Drastis

Jika sobat awal mengganti template, hitunglah sehari, maka tidak akan terjadi perubahan. Tapi besoknya dan seterusnya akan berubah drastis. Karena crawling belum berjalan. Seiring berjalannya hari maka visitor akan turun drastis seiring berjalannya perayapan Google bot, crawl dan index pada webmaster.

Apakah tidak bisa naik lagi?

"Bisa", tapi butuh waktu lama, sekitar 3 bulan, bahkan bisa lebih. Dan naiknya jumlah visitor atau pengunjung berjalan lambat.

Itu baru sekali ganti template. Bagaimana kalau sering gonta-ganti template?

Bisa dipastikan tarffik blog sobat bukan lagi naik, tapi cenderung turun dan susah naik.

Google bot dalam melakukan tugasnya yaitu merayapi setiap blog atau website, punya jadwal tersendiri. Jika setiap melakukan perayapan Google bot selalu menemukan struktur template yang berbeda dari sebelumnya (ganti template), sistem Google bot akan mengalami kebingungan.

Akhirnya, hal ini akan berdampak pada penurunan traffic blog sobat, karena di Google pencarian akan menempati posisi paling bawah, siapa yang akan mencari artikel yang berada di posisi bawah?

2. Menurunkan Peringkat Blog di SERP dan SEO

Mengganti template membuat Google bot bingung, karena struktur template selalu berubah-ubah dari perayapan sebelumnya. Jika demikian, maka peringkat blog di SERP akan menurun secara drastis, yang pada akhirnya kualitas SEO juga ikut turun.

Ketika sobat memiliki sebuah konten atau postingan yang berada di posisi halaman pertama Google, lalu template yang sobat gunakan diganti dengan template baru, Maka artikel tersebut akan bergeser dari posisi semula, yang akhirnya posisi artikel sobat ada akan ditempati oleh artikel milik kompetitor. Bahkan bisa jadi artikel sobat hilang dari peredaran SERP.

Mungkin sobat berpikir "ya sudah deh saya kembalikan lagi ke template yang semula". Ya percuma.

Jadi, yang terbaik dari hal ini adalah berhenti Dari kebiasaan dari kebiasaan gonta-ganti template. Langkah terbaik adalah segera berhenti gonta-ganti template.

3. Menghilangkan Sitelink dan Cuplikan Pilihan Google

Sama juga halnya dengan turunnya pengaruh blog atau website di SERP. Menggonta-ganti template dapat menghilangkan sitelink dan cuplikan pilihan Google.

Sangat disayangkan ketika Google memberikan apresiasi terhadap blog/web sobat, dan karena alasan tampilan sobat mengubah dan mengganti template, maka hadiah khusus yang telah diberikan oleh Google "yang berupa sitelink dan cuplikan pilihan Google" maka hadiah tersebut akan dihapus oleh Google.

Btw, Tidak mudah lo sob untuk mendapatkan sitelink dan cuplikan pilihan Google. Sayang kan kalau hilang hanya karena ingin merubah bentuk tampilan template.

4. Hilangnya Karakter Blog

Setiap blog atau website punya karakter dan gaya masing-masing. Kalau sobat sudah berniat membangun blog atau website dan berharap sukses dari blog, sehingga postingan sobat banyak dan visitornya juga banyak, maka para pengunjung menandai blog sobat dan akan memberikan penilaian akan karakter blog yang sobat bangun.

Artikel yang sudah sobat tulis, dengan pengunjung yang banyak, maka hal ini akan membuat mereka rela menjadi subscriber sobat. Namun ketika tampilan tempat sudah berubah, maka hal ini akan mengurangi kenyamanan dan kenikmatan mereka di dalam membaca artikel yang sobat publish.

Belum lagi ketika mereka menuliskan kata kunci nama blog sobat, ternyata blog atau website tersebut berada sudah tidak di posisi semula (PAGE ONE), mereka akan bertanya-tanya, ada apa dengan blog ini? Maka akan hilang kepercayaan mereka.

Belum lagi kalau mereka meyakini bahwa biasanya kalau membidik sebuah kata kunci (anggaplah kata kunci "Valid AMP") yang tampil di posisi No. 1 di Google adalah blog sobat, gara-gara ganti template kemudian posisi tersebut bergeser dan ditempati oleh blog lain, maka mood mereka akan berkurang terhadap blog sobat. Karena dalam benaknya tertanam sebuah keyakinan bawah sebuah blog atau website yang sering bergonta ganti template menunjukkan bahwa pengelola blog tersebut tidaklah profesional. So,... jangan coba-coba gonta-ganti template.

5. Buang-buang Waktu

Mengotak-atik template membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan bisa berjam-jam. Mulai dari pengaturan widget, tata letak, menu navigasi, verifikasi Webmaster, dan lain sebagainya.

Coba sobat ganti gaya dan kebiasaan ini dengan menulis artikel atau konten, Sudah berapa artikel yang akan sobat tulis. Pastinya banyak kan?

Mengotak-atik dan menggonta-ganti template adalah sebuah kerja yang tidak menghasilkan apa-apa kecuali hilangnya produktivitas seorang blogger dalam menghasilkan karya tulis. Seorang Blogger sejati akan lebih memfokuskan pada hasil karya tulis, bukan berfokus pada tampilan blog yang sifatnya laksana casing belakang. Fokus pada isi, bukan pada bungkus.

Dengan sobat memfokuskan diri pada produktivitas menulis, maka traffic blog akan terus naik dan meningkat, otomatis SERP juga meningkat dan penghasilan sudah otomatis mengikuti.

Bagaimana, masih mau gonta-ganti template?

Harap, Pikirkan kembali

Sekian dulu dari ATAEH atas ulasan Bahaya Gonta-Ganti Template Blog, semoga sobat dapat tercerahkan sehingga tidak mudah mengganti template.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP