Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

WordPress vs BlogSpot: Mana yang Lebih Baik & Mengapa?

Dalam masalah per-website-an banyak layanan yang menyediakan user untuk memilih menggunakan produk layanan yang mana yang dia suka dalam hal blogging. Bagi anda yang ingin terjun ke dunia per-website-an, anda tinggal memilih, banyak opsi yang ditawarkan untuk nge-blog :

Ada WordPress, BlogSpot, Jomlaa, Tumblr, dan banyak lagi

Tapi, pembahasan yang paling banyak dibicarakan oleh warga net adalah topik mengenai

Mana yang lebih baik untuk blogging?

WordPress atau Blogger?

Ketika anda membaca artikel orang lain yang mengupas tuntas WordPress dan dia sendiri menggunakan WordPress, maka anda akan menyukai WordPress, tetapi ketika Anda membaca artikel tentang kelebihan blogspot dan yang mengulas adalah orang yang menggunakan platform blogspot, anda akan menyukai Blogspot, dan anda akan mengalami kebingungan.

Mengapa demikian?

Karena kedua belah kubu sudah saling merasakan dampak positif dari keduanya.

Secara jujur, WordPress banyak sekali strategi SEO-nya, ia dilengkapi dengan fitur yang luar biasa. Beda dengan Blogspot. Akan tetapi Blogspot tidak banyak aturan macam WordPress, sehingga sedikit kesalahan teknisnya.

Kalau anda bertanya kepada saya, inilah jawaban saya yang akan saya kemukakan:

Pertama, cobalah anda menggunakan Blogspot selama sebulan, ketika anda sudah terbiasa dan mahir, cobalah anda pindah menggunakan WordPress selama sebulan juga, dan begitu Anda sudah terbiasa dengan WordPress bandingkan keduanya.

Masalah tutorial dari keduanya sangat banyak sekali. Anda tinggal mempelajarinya, bisa melalui panduan, tutorial, bahkan melalui video.

Melalui artikel ini saya akan membuat sebuah pertandingan terperinci antara WordPress vs BlogSpot. Dan yang saya lakukan adalah sebuah penilaian secara objektif. Sehingga dalam situasi tertentu anda bisa memilih mana yang layak dan baik untuk anda gunakan.

WordPress Vs Blogger : Platform mana yang harus dipilih?

Mengapa dan Mengapa Tidak WordPress?

Ketika anda menggunakan platform WordPress, semua kendali ada pada tangan anda, semua terserah anda. Secara teknis, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Anda meng-host file Anda sendiri, mendesainnya sendiri sesuka hati Anda, dan dapat menggunakannya untuk tujuan apa pun (pribadi atau profesional).

Masalah SEO, sepenuhnya kontrol ada pada diri anda. Anda bebas memasang dan mencopot plugin SEO. Andaikata diistilahkan sebuah rumah, WordPress ini adalah laksana rumah anda sendiri terserah anda mau apa saja terserah.

WordPress akan membiarkan Anda melakukan semua yang Anda ingin lakukan. Tetapi pada saat yang sama, semua pengelolaan ada pada diri Anda sendiri. Anda harus menginstal WordPress di server Anda sendiri dan menjaga kesehatan blog Anda. Semua dilakukan serba sendiri.

Tapi anda tidak perlu khawatir, akan banyak dukungan dari komunitas WordPress, karena komunitas ini begitu solid sehingga masalah anda akan segara teratasi semuanya dalam waktu singkat.

Bahkan, dalam komunitas ShoutMeLoud, semua masalah dan pertanyaan terkait kendala WordPress akan segera dijawab dan di carikan solusi. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Dalam menginstall WordPress, anda mungkin harus menonton Video terlebih dahulu, mulai dari cara menginstall, cara menambahkan plugin, membiasakan diri dengan dasbor, dll.

WordPress Vs Blogger : Platform mana yang harus dipilih?

Mengapa dan Mengapa Tidak Blogger?

Platform Blogger (alias BlogSpot) sangat berguna bagi Anda yang hanya ingin mengaplikasikan dan membagikan pemikiran anda melalui media online. Ketika aktivitas menulis Anda dalam blog tidak untuk uang, atau mungkin Anda hanya membutuhkan platform sederhana yang tidak memerlukan pengetahuan teknis, BlogSpot sangat bagus.

Memag harus diakui banyak keterbatasan pada BlogSpot, terutama dalam hal SEO, sehingga fungsionalitas blog terbatas. Namun, jika yang Anda butuhkan platform blog dengan biaya hampir 0, BlogSpot adalah pilihan yang tepat.

Pada saat yang sama, jika Anda membuat blog untuk mendapatkan uang, membangun otoritas, atau untuk membangun merek sendiri, BlogSpot bukanlah pilihan yang ideal. Karena kontrol yang anda miliki terbatas, baik itu dalam masalah visibilitas di mesin pencari, vitur tambahan dan lain sebagainya.

Di luar, banyak sekali bermunculan pendapat yang tumpang tindih, sehingga membuat bingung. Yaitu

Blogger adalah produk Google, ini artinya Blogger akan diuntungkan oleh Google dalam hal SEO.

Sungguh. Ini tidak benar.

Mau menggunakan platform apa pun anda, baik WordPress, Jomlaa, Blogger, Drupal, atau platform lainnya, SEO ditentukan oleh cara Anda mengkonfigurasi situs lengkap Anda untuk mesin pencari, bukan karena produk siapa.

Intinya, platform Blogger memiliki kontrol terbatas. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak orang yang memanipulasi beberapa fitur SEO di dalamnya, tetap saja BlogSpot masih kurang dalam optimasi SEO.

Kesimpulannya adalah

  1. Menggunakan Platform Blogger lebih baik daripada WordPress apabila tujuan Anda membuat blog tidak lain untuk menyalurkan pikiran dan hoby anda melalui tulisan, maka ini adalah pilihan yang bagus dengan segala keterbatasannya.
  2. Jika profited oriented anda untuk menghasilkan uang, atau menciptakan dampak jangka panjang, maka platform WordPress lebih baik.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP