Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

WordPress atau Blogger, Mana yang lebih baik dari segi SEO?

WordPress vs BlogSpot

Sebelumnya kita telah membahas tentang Mana yang Lebih Baik antara WordPress vs BlogSpot, baik dari segi plus-minusnya, platform pendukungnya, dan juga kelebihannya bagi anda yang ingin monetisasi AdSense.

Sekarang kita akan membahas tentang SEO, mana yang lebih baik dari keduanya, WordPress kah atau Blogspot?

Ok. @ataeh ulangi lagi untuk mempertegas penjelasan sebelumnya, yaitu Jika rencana awal Anda membuat blog yang profit oriented-nya adalah menjadikannya populer dan menghasilkan uang, sebaiknya Anda menggunakan platform WordPress yang anda hosting sendiri.

Namun, Jika Anda hanyalah seorang penulis yang ingin menyalurkan hobi anda dan menuangkan ide dan gagasan anda, atau anda ingin berbagi kisah kehidupan anda, maka pilihan terbaik untuk Anda adalah BlogSpot.

Dari sekilas uraian di atas ini, sebenarnya Anda sudah bisa mengambil kesimpulan.

Apakah Anda kenal dengan Matt Cutts?

Siapa Matt Cutts?

Matt Cutts adalah seorang insinyur Google, bahkan ia juga ditugaskan menjadi kepala tim Spam Web Google.

Matt Cutts termasuk orang yang masuk dalam tim pendidik para pengguna Google. Anda dan juga saya ketika bertanya tentang Google, timnya lah yang memberikan penjelasan Apa itu Google, bagaimana memanfaatkan Google, bagaimana berpartisipasi dengan Google melalui sebuah website, apa yang Google harapkan dari sebuah situs web dan bagaimana mesin pencari Google bekerja dan lain sebagainya.

Intinya, apa yang berhubungan dengan Google dan cara kerjanya, Matt Cutts lah orangnya.

Lalu, Matt Cutts pakai apa, BlogSpot atau WordPress? Kan dia sebagai timnya Google?

Oke, saya jawab.

Ternyata, Matt Cutts sendiri menggunakan platform WordPress untuk blog pribadinya, Walaupun ia sendiri termasuk tim yang menangani segala pernak-pernik Google.

Hmmm...

Matt Cutts sendiri pernah berkata bahwa menggunakan platform BlogSpot sangat baik untuk para pemula (atau yang biasanya sering kita sebut newbie) alasannya adalah karena BlogSpot sangat mudah bagi orang yang baru belajar. Dia pun mengatakan bahwa untuk para Blogger pemula, menggunakan platform BlogSpot sangatlah fantastis.

Sehubungan dengan masalah SEO antara Blogger dan WordPress, Matt Cutts mengatakan bahwa baik itu WordPress atau BlogSpot, keduanya hampir sama dengan instalasi default.

Artinya, Instalasi default WordPress tidak ramah SEO, berbeda dengan BlogSpot yang selangkah lebih maju dalam secara pengaturan default. Walaupun begitu, bagi Anda pengguna WordPress, WordPress bisa dijadikan sebuah situs website ramah SEO, karena WordPress menyediakan begitu banyak plugin untuk menjadi SEO.

Dengan mengoptimalkan seluruh sarana plungin yang terdapat pada WordPress, maka tujuan untuk mencapai SEO sangat mudah dan terbuka lebar. Sehingga dengan menggunakan WordPress, kekuatan ke-SEO-an website anda bisa memberikan hasil yang memuaskan. Tinggal anda menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan dari sebuah pertanyaan "Blogger atau WordPress untuk SEO?"

Jawabannya sudah pasti WordPress.

Mengapa WordPress lebih baik?

Oke, walaupun dalam blog ini @ataeh gunakan platform BlogSpot Seperti yang @ataeh sebutkan di atas, tapi dalam penjelasan tidak ada masalah mendukung dan subyektifitas. semua yang akan @ataeh ungkapkan adalah obyektif.

Ok, kita buat perbandingan terlebih dahulu. Adakah orang yang awalnya ngeblog menggunakan Blogspot lalu pindah ke WordPress dia jadi kembali ke BlogSpot?

Setahu @ataeh, selama perjalanan Blogging dengan BlogSpot, dan teman-teman Blogger yang lain yang sudah hijrah ke WordPress, tidak pernah para teman Blogger yang sudah pindah ke WordPress kembali lagi ke BlogSpot. Bahkan, teman Blogger yang awal ngeblog ada di WordPress tak ingin tau atau mencicipi bahkan berkecimpung di BlogSpot.

Apa Sih Hebatnya bahkan Manfaat terbesar yang menjadi daya tarik tersendiri dari WordPress?

WordPress memberikan Semua fitur yang ditawarkan di BlogSpot. Tapi Tidak sebaliknya.

Lalu apalagi?

Mari kita bahas

1. Kontrol blog Anda ada di tangan Anda

Inilah salah satu alasan utama para pengguna WordPress yang di-host-sendiri. Kita semua tahu bahwa Blogspot adalah milik Google, Karena Blogspot milik Google, maka Tim Google bisa saja menghapus akun Blogspot Anda tanpa memberi Anda peringatan terlebih dahulu bahkan tanpa alasan apa pun.

Kalau menggunakan Custom domain bagaimana?

Walaupun Anda menggunakan fitur Custom domain ( Menggunakan nama domain Anda sendiri). Kalau Blog anda Ada yang melaporkan dan dicurigai sebagai blog spammer, maka kemungkinan besar Blog anda dihapus oleh Google.

Bisa jadi Google menghapus blog anda. Hal ini sudah banyak terjadi, silakan Anda cari informasi mengenai ini, maka anda akan menemukan dan banyak blogger menghadapi masalah ini saat menggunakan BlogSpot.

2. Optimasi mesin pencari

Masalah Hosting WordPress, Anda bisa Hosting dimana saja. Tidak masalah. Karena dalam dunia Blogging traffic adalah hal utama dan terpenting. Pengoptimalan mesin pencari dengan kata-kata sederhana berarti Mengoptimalkan blog Anda untuk mesin pencari dan mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari. Membandingkan WordPress dan BlogSpot di mata Mesin pencari Google, banyak sekali opsi yang ditawarkan oleh WordPress untuk mengoptimalkan blog Anda di mesin pencari, berbeda dengan BlogSpot. ia terbatas pada pengaturan tertentu.

3. Plungin dan dukungan

WordPress menawarkan banyak sekali fitur-fitur seperti plugin dan adanya komunitas yang kuat sehingga antara blogger satu dengan yang lainnya saling support dan saling mendukung.

Andaikata Anda mempunyai masalah atau kendala ketika mengatur template, memasang Plungin, atau mencari teknik SEO wordpress, maka teman-teman yang sudah lama di wordpress akan turun tangan dan memberikan dukungan serta menunjukkan apa-apa yang Anda butuhkan.

Beda dengan BlogSpot, waktu yang akan banya anda habiskan hanyalah mengedit tema, mulai dari cara menampilkan posting terkait, tampilan responsive dan menambahkan fitur lainnya. Berbeda dengan WordPress.

Dengn menggunakan WordPress, untuk memperolah tampilan dan kinerja web yang hebat, anda  cukup dengan memasang plugin. ketika Anda tidak bisa atau tidak mencapai target yang sesuai dengan keinginan anda, Anda tinggal mencari bantuan melalui forum dukungan WordPress.

Melalui forum tersebut, anda bisa belajar, mendapatkan kode khusus, memperluas kemampuan blog dan lain sebagainya.

Dengan adanya dukungan dan komunitas yang solid dalam WordPress ini, sehingga timbul sebuah asumsi bahwa Blog yang dibangun di atas platform blogger dianggap tidak serius. Alasan yang sangat mendasar adalah karena yang digunakan berupa barang gratis-an, ketika ingin mecapai SEO, akan di tuduh sebagai pengguna Blackhat SEO, spamming, halaman arahan afiliasi dan lain sebagainya.

Ketika berbicara tentang blog yang di-hosting sendiri, maka orang akan berpikir bahwa orang tersebut telah membayar layanan tersebut, dan dia serius dengan blognya.

4. Tema dan template:

Tema yang ditawarkan pun juga berbeda. untuk tema atau template BlogSpot tema yang di tawarkan (tema yang layak dan sedap di pandang) kebanyakan komersial dan tidak terbatas. Berbeda dengan WordPress, Anda akan menemukan tema WordPress Premium gratis dan tidak terbatas.

Selain itu, karena Anda memiliki akses FTP, Anda dapat mengubah tampilan dan nuansa lengkap dari tema WordPress Anda.

5. AdSense

Nah, untuk yang satu ini, bisa jadi stamina tambahan dan jalur kehidupan bagi setiap blogger.  Karena penghasilan dari AdSense, sangat menggiurkan dan lumayan gedde, baik bagi blogger yang meng-hosting sendiri ataupun yang tidak. bagi yang Host-sendiri bisa buat membayar biaya hostingan. bagi yang tidak, bisa di buat sebagai pemasukan sampingan

Kalau dulu, pada awalnya, menggunakan platform BlogSpot adalah cara terbaik untuk mendapatkan akun AdSense, karena pendaftaran Anda akan mudah disetujui. Akan tetapi kemudian, semakin kebelakang, ternyata untuk mendapatkan akun Adsense semakin sulit apabila Anda mendaftarkannya melalui BlogSpot.

Berbeda dengan Dengan WordPress. Untuk mendapatkan akun AdSense dan disetujui sangat mudah. inilah termasuk keuntungan yang bisa anda dapatkan dari blog yang dihosting sendiri.

Jadi keputusan dari Blogger vs WordPress, mana yang lebih baik adalah?:

Platform WordPress kapan saja merupakan pilihan yang lebih baik daripada platform Blogspot.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP