Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

18 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dan Mematikan

Virus Komputer Yang Mematikan

18 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dan Mematikan - Halo Sobat ATAEH, kalau kita Mendengar kata Virus, sudah pasti membuat fikiran kita menerawang ke arah negatif, bagaimana kalau Virus tersebut virus yang menyerang komputer?

Sudah pasti fikiran kita tertuju pada data penting yang ada pada komputer.

Virus komputer memang menjadi momok yang paling menakutkan bagi orang-orang IT dan yang berhubungan dengan komputer.

Virus komputer bagai Hantu yang menakutkan dan bergentayangan yang mengancam ketenangan para pengguna komputer.

Mau bagaimana bentuknya dan apapun yang di hinggapinya, yang namanya virus walaupun dia hinggap di komputer, tetap seperti virus kanker hinggap ke dalam tubuh manusia yang secara perlahan namun pasti dapat menghancurkan fisik, hingga kemudian berujung maut.

Banyak sekali korban yang dirugikan akibat serangan virus komputer ini. Baik korban pengguna pribadi, instansi, hingga perusahaan bisnis publik raksasa.

Kerusakan yang diakibatkan dapat berupa kerusakan total (total error) pada komputer, pencurian data, software tidak aktif, dan masih banyak lagi.

Bahkan, saking menakutkannya virus komputer ini bagi data penting, banyak besar perusahaan yang rela mengeluarkan biaya mahal demi keamanan jaringan komputer di perusahaannya.

Seiring timbulnya ancaman yang mencekam, tak sedikit pula muncul layanan jasa keamanan jaringan serta bermunculan software anti virus yang memiliki keistimewaannya yang berbeda-beda.

Kali ini ATAEH akan membeberkan Virus komputer apa saja yang sangat membahayakan dan bisa mematikan perangkat komputer sobat, mari kita simak bersama

18 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dan Paling Mematikan

1. Zeus

Zeus. mendengar namanya saja sudah mengingatkan kita pada dewa orang yunani kuno. lalu bagaimana kalau Virus Zeus?

Virus Zeus ini benar-benar menjadi layaknya dewa virus. Jenis virus ini berupa malware dan Trojan yang menyebar melalui unduhan pengguna dan skema phising.

Namun yang paling mengerikan adalah caranya seperti siluman, karena tidak mampu terdeteksi oleh software anti virus saat itu, sehingga menghasilkan kerusakan botnet terbesar di dunia. Ngeri banget dah nih Virus sob.

Awalnya virus ini dipakai untuk mencuri informasi di Departemen Perhubungan Amerika Serikat pada tahun 2007. Kemudian menjelma menjadi virus nomor wahid dalam merusak komputer.

2. Virus I Love You

Mendengan kata I Love You memang mengingatkan kita pada kenangan manis saat kita menembak gebetan kita pertama kali ya sob, tapi kalau Virus yang punya nama I Love You malah menjadi ancaman mematikan.

Kenapa bisa begitu?

Karena lebih dari sepuluh juta komputer windows di seluruh penjuru dunia rusak karenanya.

Virus I Love You ini diciptakan oleh seorang programer asal Filipina yang bernama Reonel Ramones dan Onel de Guzman.

Cara kerja dari Virus ini yaitu melalui pesan email. Sobat mendapatkan email dengan judul Subjek ILOVEYOU dan ekstensi lampiran "LOVE-LETTER-FOR-YOU.txt.vbs".

Begitu sobat mengklik lampiran ILOVEYOU ini, hancur deh sistem komputer sobat, karena seluruh file yang ada dalam komputer saling bertabrakan tak beraturan lagi, hingga kemudian komputer tidak mampu booting.

3. Yankee Doodle

Virus Yankee Doodle ini sob aslinya sebuah judul lagu. Virus Yankee Doodle ini diciptakan oleh seroang hacker asal Bulgaria yang muncul dan tersebar kira-kira pada tahun 1989 . Virus Yankee Doodle ini menyerang file yang berekstensi .com dan .exe. Virus Yankee Doodle ini kerjanya menghancurkan file dalam memori.

Oia sob, ada sisi unik pada virus ini, virus ini setiap jam 4 sore akan memutar lagu Yankee Doodle.

4. Morris Worm

Morris Worm adalah Nama virus ini diambil dari nama penciptanya, yakni Tappan Morris. Kalau Komputer sobat menjadi melambat perfomanya dari sebelumnya, bisa dicurigai komputer sobat sedang terjangkit Morris Worm ini sob, karena Morris Worm ini mampu memperlambat kinerja komputer hingga titik paling rendah sampai kemudian tidak bisa dipakai lagi. ngeri kan sob sama Morris Worm ini.

5. Nimda

Nama Nimda adalah kebalikan dari kata "Admin" yang dibaca terbalik. Virus Nimda ini muncul pada awal millenium. Virus Nimda ini menyerangnya melalui email, shared folder, server vulnerabilities dan transfer file.

Virus Nimda inilah yang penyebarannya sangat cepat, hanya dalam hitungan menit. Virus Nimda ini menyerang jaringan DoS yang nantinya dapat menjangkau penghambatan koneksi dan lalu lintas internet.

Kalau internet sobat lemmot, bisa di curigai sedang terjangkit Virus Nimda ini sob.

6. Conficker

Virus Conficker ini punya banyak sebutan sob, Virus ini juga disebut dengan nama Kido, Dowadup, dan Downup.

Tujuan dari Virus Conficker ini adalah merusak sistem operasi Microsoft Windows melalui celah kekurangan pada sistem administratornya.

Botnet yang dihasilkan mampu merusak jutaan komputer milik perusahaan dan instansi pemerintahan. Dulu pada tahun 2008 gara-gara Virus Conficker ini lebih dari 190 negara di dunia Jutaan komputer tumbang. Ngeri gak tu sob

7. The Storm Worm

Melalui link palsu yang ditawarkan dan memberikan informasi tentang bencana cuaca, Virus The Storm Worm ini bekerja. Hampir sebanyak 8% dari semua infeksi malware secara global telah dihasilkan oleh Virus The Storm Worm ini. Terkenalnya Virus The Storm Worm ini pada tahun 2006 sob

8. MyDoom

Ini juga sob Virus MyDoom yang merusak komputer pengguna melalui email dan menyematkan link palsu di dalamnya. Setelah diklik, maka seluruh email korban akan tercuri dan dapat menjalar pada email daftar kontak korban yang ada.

Dulu pada Tahun 2004 adalah masa dimana Virus MyDoom menjadi malaikat pencabut nyawa bagi pengguna komputer. Jutaan komputer dari berbagai dunia telah merasakan kehebatan serangan Virus MyDoom ini.

9. SkyNet

Sobat tau film Terminator yang dibintangi aktor Arnold Schwaszneger itu kan?

Nah, dari film itulah Nama SkyNet diambil.

Serangan Virus SkyNet ini menginfeksi pada file komputer yang berekstensi .exe. Virus SkyNet ini bisa dikatakan sebagai penebar ketakutan, karena ketika komputer terinfeksi Virus SkyNet ini maka muncul kata-kata provokatif yang menyatakan bahwa komputer sedang dalam keadaan terinfeksi dan akhirnya korban akan benar-benar ketakutan akan rusaknya komputer kesayangannya. Dan juga Virus SkyNet ini memperlambat kinerja komputer

10. Melissa

Cantik Namanya tapi tak secantik perbuatannya. Mendengar namanya fikiran kita dibuai oleh seorang wanita seksi, cantik dan memikat. Tapi kalau udah virus yang punya nama ini, hancur sudah lamunan kita hehehe.

Nama ini diambil dari nama seorang artis penari eksotis asal Folrida. Sang pembuat menuturkan, Virus Melissa ini berbasis pada makro Microsoft Word.

Kerja Virus Melissa ini mampu menyebar dengan sendirinya melalui pesan email berupa file download. Ketika pengguna mendownloadnya, maka secara otomatis menyebar ke 50 daftar kontak email pertama. ngeri juga ya sob...

11. The CodeRed Worm

Virus The CodeRed Worm ini target dan sasarannya adalah pada kerentanan buffer overflow pada file yang berekstensi ldq.

12. Sasser

Cara kinerja Virus Sasser ini Mirip dengan The CodeRed Worm, tetapi Virus Sasser juga menyasar pada kerentanan buffer overflow yang dapat menghasilkan botnet parah pada OS Windows.

Jadi kerja Virus Sasser ini double sob. Tragedi yang terjadi pada Tahun 2004 adalah saksi sejarah dimana milyaran dolar harus dikeluarkan oleh pengguna komputer demi menghilangkan Virus Sasser ini.

13. Stuxnet

Virus Stuxnet ini mantargetkan pada jaringan sistem komputer industri. Pada tahun 2010, pemerintah Iran dibuat kalang kabut akibat matinya seperlima alat sentrifugasi di pembangkit listrik tenaga nuklir miliknya.

14. Virus Netsky

Ladang basah penyerangan Virus Netsky ini adalah layanan email. Jadi hati-hati sob kalau dapat email gak jelas, karena Virus Netsky ini mampu menyebar sendiri melalui email dan merusak jaringan windows. Lalu lintas internet terhambat karena sistem DoS telah terinfeksi.

15. Cryptolocker

Virus Cryptolocker ini pengacau banget sob, karena Virus Cryptolocker merupakan kejahatan virtual yang didalangi oleh Evgeniy Bogachev, tapi pada akhirnya Evgeniy Bogachev ditangkap dan diadili.

Kalau lihat total kejahatan Virus Cryptolocker ini, kurang lebih setengah juta komputer menjadi korban dengan bayaran lebih dari 3 juta dolar. Serrem gak tuh sob...

Ingat lagi nih ya, Sistem penyebaran Virus Cryptolocker ini adalah melalui attachment email. Jadi hati-hati sama yang namanya email

16. Virus Klez

Virus Klez ini bisa dikatakan Virus yang keren dan unik. Virus Klez diciptakan pada tahun 2001. kenapa begitu?,

Karena Penyebarannya adalah melalui pesan email. Lalu Email akan terus mereplikasi dengan sendirinya, kemudian menyebarkan diri pada setiap daftar kontak email.

Selain itu, Virus Klez ini juga mampu menonaktifkan sistem antivirus dalam komputer, jadi bahasa kerennya Virus membunuh anti Virus hehehe. Sehingga Dalam waktu singkat, pengguna tidak lagi bisa membuka email dari kotak masuk email.

17. SQL-Slammer

Karena begitu cepatnya, hingga Dalam hitungan waktu 10 menit, hampir satu juta pengguna komputer terinfeksi virus SQL-Slammer ini. Ngeri gak tu sob.

Oia, Virus SQL-Slammer ini mentargetkan server dengan alamat IP secara acak, lalu menginfeksi pada alamat IP yang terkena. Korban akan merasakan pelambatan jaringan koneksi internet. Sehingga terjadi penurunan kapasitas online secara signifikan secara bersamaan di berbagai negara.

18. Leap-A

Virus Leap-A yang juga dikenal dengan nama Oompa-A, Virus Leap-A pada tahun 2006 awal mula dia berkarir menjadi setan yang mematikan.

Virus Leap-A ini targetnya adalah sistem Mac melalui instan messaging iChat. Kemampuan Virus Leap-A ini bisa menyebar dengan sendirinya dengan mengirimkan pesan pada setiap daftar kontak email yang ada. Virus Leap-A inilah yang menjadi satu-satunya virus terbesar yang menghancurkan sistem Mac.

Nah, deretan list di atas adalah nama-nama virus yang paling berbahaya dan mematikan yang pernah ada di dunia sob.

Daftar virus di atas mampu mengubah paradigma dunia dalam menjalankan jaringan komputer. Bahwa komputer tidak lagi aman untuk tetap di buat sebagai aktifitas data.

Mengingat banyaknya virus yang menyebar melalui email, maka ada baiknya pengguna komputer ekstra hati-hati dalam menerima email. Apalagi dari pengirim yang tidak terpercaya. bisa jadi sobatlah yang menjadi korban selanjutnya.:)

Ok, sekian dulu ya sob pemaparan 18 Virus Komputer Yang Paling Berbahaya Dan Mematikan dari ATAEH, semoga bermanfaat

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP