Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

+62-815-1591-2694 Official WhatsApp Support

Performa Android Makin Cepat dan Ngebut, Ikuti Tips Ini

Android Lama Terasa Baru Kembali

Hai sobat ATAEH semua, kali ini akan kita bahas tentang bagaimana cara meningkatkan Performa Android sehingga bisa Makin Cepat dan Ngebut.

Oh iya, Seringkali ada pertanyaan yang dilontarkan oleh para pemegang smartphon android tentang bagaimana meningkatkan performa android agar lebih cepat? hal ini sangat wajar kan sob, mengingat smartphon yang dipakai tidak seenak dan selancar ketika baru pertama beli. Perangkat smartphone android menjadi sedikit lebih lambat, waktu loading aplikasi menurun dan beragam soal penurunan performa android dan lain sebagainya.

Yang menjadi pertanyaan begini sob. bisakah performa android bisa dipercepat melebihi kemampuan standar aslinya. Ataukah membuat perangkat android menjadi berfungsi seperti baru pertama kali memakainya.?

Kalau mau menjawab, Sudah pasti jawaban kedualah yang lebih sesuai, yaitu meningkatkan performa android berarti membuat perangkat android berfungsi seperti sedia kala waktu pertama kali membelinya. Bukan jawaban dari yang pertama, untuk yang pertama solusinya adalah beli yang baru lagi yang speknya lebih bagus dari yang sekarang hehehe.

Tips Meningkatkan Performa Android

Oke sobat ATAEH, menjaga performa android agar tetap prima memang harus dilakukan setiap saat, mengingat tumpukan junk file selalu ada dan memenuhi memori setiap kali kita melakukan eksekusi aplikasi, terutama ketika kita melakukan aktifitas online atau berselancar di dunia maya, maka sudah dipastikan junk file tersebut akan menumpuk di memori kita dan dapat memberatkan kinerja dan performa android, dan kali ini ATAEH akan memaparkan tips bagaimana meningkatkan performa android.

# Hanya Menggunakan Aplikasi yang Terpakai

Sama halnya dengan manusia, kendaraan, hewan, semakin ditambahi dengan beban yang banyak maka akan melambat pula jalannya, begitu juga dengan android, aplikasi yang banyak akan membuat android terbebani. Jadi solusi satu-satunya adalah menghapus aplikasi yang tidak berguna dan jarang dipakai agar android tidak terbebani. Sehingga terciptalah ruang kosong untuk sistem android mempercepat diri.

# Bersihkan Memori Sistem

Masalah cepat atau tidaknya sebuah android tergantung RAM Memory System. Artinya semakin besar RAM Memory Systemnya, makin cepat android bekerja. Sistem ini selalu bekerja sehingga sampah aplikasi terseimpan dalam sistem ini. Tumpukan sampah yang terus menumpuk akan membuat android semakin melambat. caranya sangat sederhana, sobat hanya butuh membersihkannya dengan cara berkala.

# Memakai Aplikasi versi Lite

Facebook, Twitter, Facebook Messenger dan lain sebagainya kini sudah dikembangkan menjadi versi lite. Kenapa harus Versi Lite? karena dengan versi lite maka pemakaian android lebih sederhana dan ringan. karena hal itu maka tidak banyak memakan banyak ruang storage, disamping itu juga aplikasi versi Lite juga bisa menghemat pemakaian kuota internet. Sehingga aplikasi versi Lite sedikit banyak telah mengingkatkan performa android.

# Mengosongkan Cache Aplikasi

Rajin membersihkan cache dapat meningkatkan performa android, karena aplikasi yang digunakan akan meninggalkan data, dan data ini bila dibiarkan begitu saja akan terus menumpuk. Jika dibiarkan saja maka akan membuat perangkat android terbebani karena selalu ditumpuk oleh data baru. Aplikasi media online seperti Facebook, Instagram, Whatsapp adalah beberapa diantara yang menyedot banyak ruang untuk penempatan cache. Rajin-rajinlah memBersihkan cache supaya performa Android sobat tetap cepat

# Cek dan Format SD Card

Cek SD Card sobat, jika masih berfungsi dan baik pakai saja, tapi jika ada yang mecurigakan pada SD Card sobat, format saja, untuk menghilangkan file sampah di dalamnya. Kalau sekiranya rusak segeralah ganti dengan yang baru. karena SD Card yang rusak, dapat membuat perangkat android melambat, hang atau crash.

# Update Versi Android Secara Teratur

Untuk Memanjakan para konsumen agar tidak kecewa terhadap produkunya, maka Para developer selalu mengeluarkan update versi android terbaru yang lebih baik dari sebelumnya. Nah, Update android inilah yang bisa digunakan untuk merefres android sobat agar performa android tetap terjaga. maka dari itu, kalau ada pemberitahuan dari sistem untuk di update, jangan ragu lagi untuk update perangkat android sobat, agar performa android sobat tetap terjaga.

# Menginstall Aplikasi Pada Memori Internal

Selalu gunakan Memori internal untuk untuk menginstall aplikasi, sedangkan memori eksternal untuk menyimpan file. Mengapa begitu sob? karena sudah pasti Memori internal performanya jauh lebih unggul dari pada memori eksternal. itulah mengapa smartphone premium seperti Pixel ataupn iPhone tidak memiliki slot memori eksternal.

# Update Aplikasi Hanya Melalui WiFi

Buatlah pengaturan dalam smartphone sobat agar aplikasi tidak otomatis update dengn sendirinya, yaitu dengan cara Pengaturan, lalu Aplikasi Pembaruan Otomatis dan pilih Perbarui Pembaruan Otomatis Hanya Melalui WiFi. Ada beberapa alasan kenap harus update melalui WiFi, karena ada aplikasi aplikasi yang terus berjalan dan menjadi latar belakang bagi beberapa aktifitas online.
Terkadang aplikasi ini membutuhkan update dalam perbaruan sistemnya di saat yang bersamaan, Sehingga membuat perangkat makin lambat akibat aktifitas perbaruan otomatis ini.

# Restart Saat Melambat

Tak ada pilihan lain sob ketikan smartphone melambat kecuali Restart. Karena dengan melakukan Restart itu berarti pelepasan file sementara yang masih berjalan dan juga membersihkan memori perangkat. Sehingga penghidupan kembali ini menjadi satu alasan guna mempercepat perangkat android agar lebih cepat.

# Hati-hati Sebelum Installasi Aplikasi Baru

Banyaknya aplikasi yang betebaran di Play Store. Bukan berarti hal itu boleh dan baik untuk di unduh. karna bisa jadi aplikasi yang sobat unduh tersebut malah bisa membuat perangkat android rusak atau bahkan terjadinya pencurian data. Jadi jangan sembarang unduh dan install. Kalau memang mau menginstall aplikasi sobat harus cari informasi dulu tentang aplikasi tersebut. Jika ternyata tidak baik, sudah pasti tidak perlu diinstall meskipun aplikasi tersebut didapatkan dari Play Store.

# Hindari Pemasangan Shortcut Aplikasi Terlalu Banyak pada Homescreen

Bersihkan shortcut aplikasi sobat yang ada di homescreen atau layar depan, karena semakin banyak aplikasi yang ada, maka waktu loading semakin lama dan sudah pasti hal tersebut membuat performa android menurun. Begitu juga Sebaliknya, semakin bersih layar awal dari shortcut aplikasi, maka waktu loading semakin cepat. jadi buat para sobat, pasang saja shortcut aplikasi yang sering dipakai. yang jarang dipakai disembunyikan saja.

# Reset Android

Tak ada pilihan lain kalau sudah parah, artinya ketika performa perangkat android sudah sangat lemot, maka opsi terakhir adalah dengan melakukan reset android. Akan tetapi lebih baiknya sebelum direset, data-data penting di pindahkan terlebih dahulu pada SD eksternal, setelah itu lakukan reset. Karena dengan melakukan reset, Semua data yang ada berikut cache aplikasi akan hilang saat dilakukan peresetan perangkat android. Setelah reset, perangkat android anda seperti baru lagi.

# Lakukan Ini Saat Hang

Melakukan Aktifitas yang banyak (terutama bermain game) pada perangkat android akan meningkatkan suhu android. Ketika hal itu terjadi maka perangkat akan overheating yang akhirnya akan membuat perangkat melambat bahkan hang. Ketika terjadi hal maka kembalikanlah posisi pada pada layar awal, kemudian mulai lagi dalam beberapa saat. Atau jika tidak terjadi apa-apa saat ditekan masuk layar awal, cobalah restart atau matikan perangkat. Biarkan beberapa menit agar suhu dingin, lalu hidupkan lagi. Pada titik ini, perangkat anda akan kembali fresh.

# Lakukan Root Android

Untuk yang ini sob, belum ada data falid sih yang menyatakan 100% berhasil, akan tetapi, biasanya setelah dilakukan root, perangkat android terasa seperti baru lagi. Cuma sobat perlu berhati-hati saja dalam melakukan root, karena belum ada aplikasi pendukung selain fitur secara default.


Nah, itulah penjelasan yang bisa ATAEH mungkin cukup sekian dulu tips untuk meningkatkan performa android yang dapat sobat coba. Pada intinya, bijak dalam pemakaian perangkat samrtphone android adalah faktor utama dalam hal kinerja dan performanya.

Related Posts:

Buka Komentar

NEWSLETTER SIGNUP

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami