Berbagi cara lewat Tips & Trik

Ataeh memberikan uraian tentang CARA/KIAT/TRIK yang TEPAT untuk mempermudah anda

Semua Tentang Blogspot

Mengupas tentang Masalah Blog dan yang berhubungan dengan blog

Berbagi Template

Share template baik yang Premium atau Non Premium yang sudah pasti SEO

+62-815-1591-2694 Official WhatsApp Support

5 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama

Cara Perawatan Baterai Laptop

Punya Laptop tapi batrainya drop atau cepat habis? pasti menjengkelkan bukan? Nah kali ini ATAEH akan mengulas tentang Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama. Kenapa butuh perawatan? ya selayaknya manusia, laptop juga butuh perawatan supaya awet dan dalam performa baik, begitu juga dengan baterainya, juga butuh perawatan. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara merawat baterainya laptop? Oleh sebab itulah kali ini ATAEH akan mengulas tentang 5 Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama. Karena perawatan laptop dengan perawatan baterai laptop sedikit berbeda. Kalau perawatan laptop cukup dibersihkan atau selalu difreskan ketika ada kendala software, akan tetapi kalau merawat baterai laptop bukan pada masalah bersih, atau fress, tapi lebih pada tataran mekanisme penggunaan dan memperlakukannya.

Dalam memperlakukan baterai laptop, maka yang diperlukan adalah kedisiplinan diri kita sendiri, maksudnya disiplin di sini adalah jangan sampai sobat lalai dalam hal charger, baik ketika memasang dan mencopot charger, karena kalau sobat lalai dalam hal itu, maka akibatnya adalah terjadi kebocoran pada baterai laptop dan pada akhirnya baterai sobat menjadi tidak awet dan tahan lama ketika sobat gunakan.

Oke, sobat sudah tau titik masalahnya bukan? yaitu kalau sobat teledor maka kebocoran pada baterai laptop sobat tidak bisa dihindari dan baterai sobat akan menjadi letoy atau tidak berdaya lagi ketika digunakan.

Supaya baterai sobat bisa awet dan tahan lama dan tidak bocor, ikutilah 5 Tips Ampuh Merawat Baterai Laptop dibawah ini.

1. Cabut Charger saat baterai mencapai 100%


Ini nih sobat yang penting dan paling penting, karena di sini inilah dibutuhkan kedisiplinan diri. kalau cuma menchareger, itu hal mudah, akan tetapi ketika mencabut charger sobat lupa. betul apa betul? hehehe

Ketika charger sobat laptop sudah full dan sudah 100%. segeralah sobat cabut chargernya. Karena apa, ketika sobat lupa atau bahkan membiarkan saja laptop sobat yang dicharge tidak dicabut, maka kalau hal ini terjadi terus menerus akan menyebabkan kebocoran pada baterai sobat. Hal ini sama dengan memperpendek umur baterai sobat. Kerana Arus yang terus mengalir kedalam baterai laptop padahal baterai sudah penuh akan merusak baterai.

2. Gunakan Baterai dan Charger Original

Antara yang asli atau original dan palsu kira-kira sobat lebih suka yang mana? sudah pasti suka yang original. meskipun ada beberapa kasus yang di cintai malah yang palsu bukan yang original, yaitu gigi hehehe. Begitu juga dengan laptop sob, dia lebih compatible sama yang bawaan pabrik atau yang ori, bukan yang palsu. karena yang bawaan dari pabrik atau yang ori sudah teruji kualitas dan dan memang pasangannya.
Jangan pernah memakai charger kecuali charger itu memang bawaannya laptop meskipun lubang port dan bentuk chargernya sama. Karena apa? karena arus listrik yang dialirkan tidak sama dengan charger yang asli milik laptop itu sendiri, bisa terlalu kecil atau bisa terlalu besar. Ingat, setiap baterai laptop punya standar yang berbeda satu sama lain walaupun satu pabrikan.

3. Charging dalam Keadaan Mati

Mencharging laptop dalam keadaan mati bisa mempercepat proses charging, silahkan saja sobat coba atau test yang mana yang lebih cepat terisi di antara yang laptop menyala sama laptop dalam keadaan mati. Sama halnya dengan tubuh kita ketika kita mencharging diri, charging energi yang paling baik adalah dengan cara tidur. bukankah batrai laptop juga baiknya begitu (dalam keadaan mati)?
Melakukan charging dalam dalam keadaan mati berarti mengistirahtkan semua komponen aplikasi dalam laptop dan kondisi baterai dalam kondisi kosong (tidak digunakan sama sekali oleh aplikasi), maka hal ini dapat mempercepat proses pengisian sob.

4. Jangan Sampai Laptop 0%

Pernahkah sobat makan dalam keadaan tubuh lemah 0%? sudah pasti tidak pernah, karena kalau kondisi tubuh sobat dalam keadaan 0% sobat udah pasti diinfus. Begitu juga halnya dengan baterai laptop. Baterai laptop akan mengalami kekosongan energi, dan kekosongan energi tersebut justru akan membuat baterai laptop harus bekerja dua kali, yaitu bekerja memasukkan energi dan menampung energi yang mana dirinya sendiri tidak berenergi. Kita bayangkan saja kalau energi manusia sudah 0%, sudah dipastikan dia dibantu saranan lain untuk mengisi energi bagi dirinya.
Kapan waktu terbaik untuk mencharger laptop? waktu yang baik untuk mencharge laptop ketika laptop sudah memberikan sinyal untuk segera di isi, biasanya kalau energi laptop sudah mencapai 10% laptop akan memberikan peringatan untuk segera di isi.

5. Hapus Software yang Tak Terpakai

Menumpuk aplikasi yang jarang sobat gunakan dapat mempercepat habisnya baterai, karena terkadang aplikasi yang sobat pakai tersebut berjalan dan aktif di laptop, sedangkan sobat tidak menyadari hal itu, karena memang ada beberapa aplikasi yang berjalan di belakang latar meskipun sobat tidak menjalankannya. Kadang-kadang Aplikasi yang sedang berjalan di belakang latar bisa membuat CPU harus bekerja dua kali, yaitu kerja yang sobat perintahkan dan kerja aplikasi yang berjalan dibelakang latar, dan hal ini membuat baterai harus mengeluarkan energi dua kali. Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang berjalan di belakang latar, bisa sobat cek di Task Manager.

Sudah pahamkan sobat tentang keterangan dari ATAEH mengenai Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama. Sehingga barang elektronik yang sobat miliki bisa awet dan tak gampang rusak. Karna harga elektronik itu cukup mahal sob. Beda lagi kalau duit sobat banyak hehehe.
Kalau ada pertanyaan yang berkaitan dengan Cara Merawat Baterai Laptop Supaya Awet dan Tahan Lama di atas, bisa di diskusikan lewat coment di bawah.

Related Posts:

Disqus Comments

NEWSLETTER SIGNUP

Situs web ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami